10 Februari 2011

ARTIFICIAL INTELLIGENCE : CHATTERBOT

Pengantar Intelegensia buatan (artificial intelegence)

Intelegensia buatan (artificial intelegence) atau yang lebih dikenal dengan nama AI adalah Software komputer yang akan membuat komputer atau bahkan sebuah robot melakukan sebuah pekerjaan yang jika dilakukan oleh manusia akan kita sebut sebagai sebuah kecerdasan. Pekerjaan ini dapat meliputi pemberian saran-saran, mengerti akan sebuah bahasa, kemampuan berbahasa termasuk juga memahami pola-pola yang rumit dan juga masih banyak perintah-perintah lain yang dapat dilakukan oleh AI ini.




Sebenarnya AI ini sudah dikenal lama di dunia software komputer. Namun pada tahun 1990-an terdapat beberapa perkembangan AI, seperti misalnya pengembangan robot serangga, dengan pola pikir sederhana, atau juga Software yang disebut sebagai CASE yaitu sebuah Software yang berfungsi untuk menulis sebuah software yang baru.
Pada awalnya perkembangannya AI hanya diperuntukan bagi riset dan juga untuk kepentingan laboratorium. Seperti misalnya MIT yang memiliki jurusan keilmuan tersendiri untuk AI. Namun kemudian terdapat ketertarikan khusus untuk memindahkan AI ke dalam aplikasi lain seperti kemiliteran, kantor-kantor dan bahkan rumah. Aplikasi AI mulai merambah tidak hanya untuk kepentingan ilmiah tetapi juga sudah menyentuh bidang lain seperti entertaiment atau hiburan. perusahaan besar sony misalnya sudah mengeluarkan boneka robot anjing yang dapat secara tepat melakukan perintah-perintah yang diperintahkan kepadanya layaknya seekor anjing
AI sendiri sebenarnya dapat dibagi menjadi tiga cabang keilmuan yaitu: Expert system, Natural language dan Neural networks. Ketiga bagian ini masing-masing mengambil peranan besar dalam perkembangan AI.
Expert system adalah software komputer yang dapat memecahkan masalah yang meliputi logika, pengambilan keputusan, dan proses-proses pengetahuan lainnya. Software ini biasa digunakan pada bidang yang membutuhkan keahlian-keahlian khusus. Software ini akan dibekali dengan sejumlah pengetahuan dibidang tertentu dan akan mengeluarkan pengetahuaannya lewat sejumlah bentuk pertannyaan, sedangkan input yang akan diterima oleh software ini hanya berupa jawaban iya atau tidak saja.
Salah satu contoh adalah software DIAGNOSIS yang berbasiskan ilmu kedokteran dari hasil penelitian kasus sebelumnya, hasil penelitian laboratorium, dan hasil kedokteran lainnya. Dimisalkan anda terserang penyakit batuk, maka anda butuh nasihat khusus untuk penyakit anda, maka yang terjadi adalah perbincangan:
• Komputer : Apakah batuk anda parah?
• Anda : Iya.
• Komputer : Apakah anda merokok?
• Anda : Tidak.
• Komputer : Anda batuk karena terserang gejala flu.
Jika anda menjawab pertanyaan ke dua dengan iya, maka komputer akan menyimpulkan dan memberikan jawaban bahwa anda terkena penyakit batuk karena anda merokok.
Contoh lain adalah PERSONALITY PROBER sebuah software yang dirancang untuk mentukan jenis perilaku seseorang layaknya sebuah psikotes. Ini hanya merupakan beberapa contoh, masih banyak contoh lain dari software ini.
Natural language adalah software komputer yang berusaha agar manusia dapat berkomunikasi langsung dengan komputer. Diharapkan komputer dapat merespon langsung input yang diberikan kepadanya. Salah satu program Natural Language klasik yang terkenal adalah ELIZA. Software ini sangat terkenal karena dibekali dengan pengetahuan psikologi.
ELIZA dirancang untuk mampu merespon lawan bicaranya seperti layaknya seorang psikolog sehingga beberapa orang terdorong untuk mampu merubah sikap dan perilakunya. Selain itu terdapat juga software natural language lain yang lebih ilmiah sifatnya, seperti ALVIN yang mampu menjawab pertanyaan mengenai DOS, atau SEXPERT yang dirancang untuk perbincangan mengenai pendidikan seksual.
Sedangkan Neural networks merupakan bentuk yang dirancang untuk meniru pola-pola berfikir yang dimiliki oleh manusia. Neural networks dapat mengenali berbagai input tetapi dapat merespon hanya dengan satu output. Neural networks ini juga dapat memperbaiki dirinya sendiri dan melengkapi pengetahuannya. Salah satu Software yang terkenal adalah THE STOCK MARKET EXPERT software yang digunakan untuk memprediksi naik turunnya nilai saham.
Software ini dapat mengevaluasi hasil-hasil perdagangan saham sebelumnya untuk kemudian memberikan output berupa prediksi saham-saham yang akan menjadi unggulan. Contoh lain adalah THE MANAGEMENT EXPERT, software yang mampu mengolah data dibidang managemen, seperti penempatan pegawai, evaluasi produk dan bentuk lainnya. Dalam dunia kemiliteran di Amerika, Neural networks ini digunakan untuk pesawat terbang tak berawak atau juga untuk bom-bom pintar. Dengan Neural networks ini pesawat tak berawak atau bom akan diberikan perintah hanya di awal peluncuran saja, sedangkan dalam mencapai sasarannya pesawat tak berawak dan bom ini dapat menyesuaikan diri dengan situasi lapangan seperti tinggi rendahnya dataran, gedung-gedung atau bahkan radar musuh, untuk mencari jalan paling efektif menuju sasaran.
Masing-masing cabang keilmuan AI ini berkembang kearah yang berbeda, dan memiliki kelebihan masing-masing. Namun demikian saat ini terdapat perkembangan AI yang mencoba menggabungkan ketiga cabang ini. Salah satunya adalah Chatter bot. Walaupun Chatter bot ini sebenarnya dikategorikan sebagai Natural language namun sistem-sistem pendukung yang digunakan sering kali menggabungkan ketiga cabang keilmuan AI tadi.


DEFINISI, TUJUAN DAN PEMBAGIAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas : Kecerdasan Buatan (Bahasa Inggris : Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (computer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia)
Definisi Artificial Intelligence menurut Carol E. Brown and Daniel E. O'Leary,
dapat dilihat dari 4 (empat) perspektif:
1. Perspektif Kecerdasan : Artificial intelligence is making machines "intelligent" -- acting as we would expect people to act.
2. Perspektif Penelitian :“Artificial intelligence is the study of how to make computers do things which, at the moment, people do better" [Rich and Knight, 1991, p.3]
3. Perspektif Bisnis : Artificial Intelligence is a set of very powerful tools, and methodologies for using those tools to solve business problems .
4. Perspektif Programming : Artificial Intelligence includes the study of symbolic programming, problem solving, and search.
Tujuan dari kecerdasan buatan menurut Winston dan Prendergast [1984]:
1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)
2. Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)
3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)
Keuntungan Kecerdasan Buatan :
1. Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak mengubahnya.
2. Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi dan disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain butuh proses dan waktu lama. Disamping itu suatu keahlian tidak akan pernah bisa diduplikasi secara lengkap. Sedangkan jika pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebuat dapat ditransfer atau disalin dengan mudah dan cepat dari satu komputer ke komputer lain
3. Kecerdasan buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibanding dengan harus mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.
4. Kecerdasan buatan bersifat konsisten. Hal ini disebabkan karena kecerdasan busatan adalah bagian dari teknologi komputer. Sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah.
5. Kecerdasan buatan dapat didokumentasikan. Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasikan dengan mudah dengan melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.
6. Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami
7. Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik dibanding dengan kecerdasan alami.
Secara umum, Artificial Intelligence adalah studi ilmu computer yang berfokus pada pembuatan mesin yang bisa melakukan apa yang dilakukan manusia untuk bisa disebut berintelegensi tinggi.
Tujuan diciptakannya Artificial Intelligence adalah untuk membuat system computer yang dapat membantu manusia menyelesaikan masalah dan mencapai tujuannya di dunia. Tetapi dewasa ini, orang-orang yang berkecimpung di dunia teknologi yang menjunjung tinggi pembuatan Artificial Intelligence, cenderung menjadi lebih ambisius.
Artificial Intelligence muncul kira-kira setelah Perang Dunia II, dimana sejumlah orang mulai bekerja dengan intelligent machine. Ahli matematika dari Inggris, Alan Turing, mungkin adalah orang pertama yang memberikan pengajaran tentang Artificial Intelligence pada tahun 1947. Turing juga yang pertama menentukan bahwa Artificial Intelligence lebih baik diteliti dan dibangun melalui program komputer daripada membangun mesin-mesin.
Ia menciptakan tes bernama “The Imitation Game” untuk mengetahui batasan antara manusia dan mesin. Proses tesnya adalah seseorang awam, yang tidak tahu lawan bicaranya manusia atau robot mengajukan pertanyaan pada robot. Setelah dijawab jika si penanya yang berbicara pada komputer percaya bahwa ia memang telah berbicara pada manusia lain bukan mesin, maka Turing menyatakan mesin itu CERDAS.

Carol E. Brown and Daniel E. O'Leary menjelaskan aplikasi penggunaan Artificial Intelligence dapat dibagi ke dalam 3 (tiga) kelompok, yaitu:
1. Formal Tasks (mathematics, games)
2. Mundane Tasks (robotics, natural language)
3. Expert Tasks (financial analysis, medical diagnostics, engineering, scientific analysis, and other areas)

Sedangkan, Mirabito dan Morgenstern membagi aplikasi penggunaan AI ke dalam beberapa kelompok, seperti:
A. Natural Language Processing (NLP)
NLP dapat memudahkan komunikasi dan interaksi antara manusia dan komputer. Computer disini diposisikan sebagai mesin yang sudah bisa mengerti bahasa manusia. Kita tidak harus belajar rangkaian perintah secara spesifik karena komputer sudah mampu “memahami” kita. Misalnya , kita hanya tinggal menyampaikan dengan kalimat biasa dalam menanyakan sebuah informasi pada computer.
B. Speech Recognition (SR)
SR membantu memudahkan komunikasi verbal antara manusia dan momputer karena SR membuat komputer mampu mengenali cara berbicara atau kata-kata manusia. Kita dapat tinggal memberikan instruksi secara verbal pada komputer untuk melakukan sebuah operasi tanpa harus mengetik perintah kita dengan keyboard.
SR juga memungkinkan komputer untuk menjawab hampir semua pertanyaan kita. Pada level PC, kartu speech sintesis dan software khusus dapat digunakan untuk membantu orang-orang tuna netra dalam menggunakan komputer. Misalnya, beberapa kata dapat disuarakan pada keyboard. Selain itu, SR juga memiliki kemampuan sistem Optical Character Recognition (OCR). OCR dapat mengenali teks dari dokumen tertulis sehingga semakin memudahkan pengguna tuna netra dalam membaca sebuah dokumen.
C. Expert System
Expert System adalah program komputer yang membantu kerja manusia dalam bidang medis, manufaktur (yang menggunakan mesin-mesin), dan lain-lain. system ini mengadopsi pengetahuan-pengetahuan manusia di bidang sains menjadi suatu program analisis. Selain, itu, system ini juga memiliki kemampuan dokumentasi, sehingga dapat membuat suatu system storage database yang flexible. Proses kerja ES adalah komputer memberikan beberapa pertanyaan. Setelah kina menjawab, computer akan langsung mengoreksi jawaban kita dengan menghubungkan denganaturan internal, baru setelahnya computer akan memberikan keputusan.
D. Computer Vision
Computer vision adalah bentuk digital dari gambar-gambar yang dihasilkan oleh sebuah kamera. Dengan format digital itu, gambar-gambar itu akan bisa dianalisis lebih lanjut oleh computer. Biasanya CV digunakan untuk proses investigasi. Gambar-gambar tersebut akan diidentifikasi melalui proses mencocokkan template dan prosedur-prosedur lainnya. Computer Vision juga dapat berbentuk sebuah kendaraan robotik yang mampu memproses informasi dan beroperasi tanpa intervensi manusia secara langsung. Alat ini digunakan untuk eksplorasi luar angkasa. Tugasnya adalah untuk menyediakan informasi di lapangan dan mengidentifikasi/menghindari gangguan yang berbahaya.

Pada tahun 1950-an, masyarakat menganggap interaksi yang dilakukan manusia dengan sebuah mesin merupakan sebuah hal yang konyol. Hal itu terjadi karena perilaku tersebut bertentangan dengan nilai-nilai yang dianut masyarakat ketika itu. Penggunaan sistem berbasis komputer masing amat jarang, sehingga interaksi antara manusia dengan mesin masih dianggap tidak wajar. Sekarang, hubungan mesin dengan manusia sudah jauh berkembang.
Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya aplikasi AI yang digunakan dalam kehidupan masyarakat, seperti:
1. Meowlingual, alat yang mampu menerjemahkan suara kucing.
2. Bowlingual, sebuah wireless microphone yang terhubung dengan kalung anjing dan mampu menganalisa gonggongan anjing agar pemilik tahu apa yang diinginkan si anjing.
3. Robot Asimo, buatan Honda Motor, yang mampu berinteraksi dengan manusia.
4. Mahru dan Ahra, robot kembar yang bisa berdansa.
5. Manekin Robotto, buatan Institut Teknologi Prefektur Hyogo yang bisa melakukan peragaan busana seperti model.
6. Perkembangan AI telah membuat sistem ini digunakan oleh para ahli di bidang bisnis, medis, dan keuangan. Di Amerika Serikat, American Accounting Association telah menggunakan expert system dalam proses manajemen dan keuangan.




 CHATTER BOTS

Albert Einsetein pernah berkata, "komputer adalah cepat, akurat, kaku, dan bodoh; sedangkan manusia adalah lambat, tidak akurat, tetapi sangat fleksibel dan pintar; gabungan diantara keduannya adalah kekuatan luar biasa diluar batas imajinasi kita saat ini." Benar demikian. Tetapi bayangkan jika saja komputer tersebut dilengkapi dengan kemampuan berfikir atau yang disebut dengan kecerdasan. Hal inilah yang coba dicapai oleh Chatter bots.
Salah satu arti penting dari Chatter bot adalah pengertian bot. Bot merupakan singkatan dari kata Robot yang berarti bekerja. Bot merupakan sebuah software program yang mengandung sejumlah data dimana jika kita memberikan masukan maka ia akan memberikan jawaban.
Dalam dunia web, robot menemukan bentuk baru, dimana semua sistem saling terkait, robot berbetuk software dapat dengan bebas masuk dan keluar data base yang sangat besar yang kita sebut sebagai internet. Kita sendiri sebagai pengguna internet sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan Robot. Sebagai sebuah software Robot sudah dapat kita temui diberbagai situs, seperti misalnya penggunaan search engine yang dapat dikategorikan sebagai sebuah software robot. Dalam search engine, robot mencari data yang sesuai dengan input dan memberikan output yang sesuai dengan input tadi.
Perkataan robot saat ini tergantikan oleh kata agen, karena suatu robot biasanya dirancang untuk misi-misi tertentu. Salah satu bentuk Robot atau Bot ini adalah Chatter bot.
Chatter bot dirancang untuk dapat berkomunikasi dan mengadakan kontak langsung dengan manusia sebagai penggunanya. Chatter bot menggunakan intelegensia buatan untuk mensimulasikan percakapan dengan penggunanya. Chatter bot dirancang untuk dapat mendekati sifat manusia.
Jenis dari Chatterbot ini sangat beragam jenisnya. Beberapa Chatter bot dirancang untuk bisa diaplikasikan di suatu tempat misalnya pada PC, Palm, bahkan dalam HP lewat metode SMS. Namun demikan Chatter bot paling populer saat ini adalah Chatter bot yang digunakan pada internet dalam sebuah web.
Chatter bot ini digunakan untuk lebih memanusiakan web yang terdapat dalam internet. Misalnya untuk sebuah situs e-commerce dibandingkan dengan melihat sejumlah daftar barang yang tersedia, tentunya akan lebih menyenangkan jika pengguna berinteraksi dengan chatter bot yang akan menawarkan barang dan siap melayani konsumen layaknya pelayan di sebuah toko. Atau contoh lain adalah sebuah situs konsultasi remaja, dibandingkan dengan membaca sejumlah artikel-artikel permasalahan remaja, dapat dipastikan para remaja akan lebih tertarik untuk berkonsultasi dengan Chatter bot yang mengambil peranan sebagai seorang sahabat.
Sistem yang digunakan dalam Chatter bot web ini sangat beragam misalnya sistem Home page, Mega hal, J-fred dan masih banyak lagi. Saat ini penggunaan yang paling mudah untuk diaplikasikan adalah system Java Applet.sistem ini sangat sederhana pengaplikasiannya namun memiliki sejumlah kekurangan. Bentuk chatter bot paling sempurna saat ini adalah chatter bot berbasis AIML.Sistem ini juga telah terbukti menjadi sistem yang terbaik dengan memenangkan lomba Loebner Prize untuk tahun 1999, 2000 dan juga pada kontes terakhir pada tahun 2001. Hingga saat ini sistem tersebut makin disempurnakan untuk ikut dalam kontes yang sama pada tahun 2002.




A. AIML : Artificial Intelligence Markup Language
Saat ini AIML merupakan bentuk chatter bot yang paling sempurna, terbukti dalam lomba Loebner Prize AIML ini berhasil merebut penghargaan sebagai chatter bot yang paling mendekati manusia. Dengan basis AIML ini chatter bot yang terbentuk dapat mengintergrasikan input-input yang diterimanya dan daya ingat yang dimiliki oleh chatter bot ini sangat tinggi. Dengan begitu hubungan antar kalimat dapat tetap terjaga.
AIML atau diartikan sebagai Artificial Intelegance Mark-up Language, dibentuk oleh sebuah perusahaan umum bernama GNU. Chatterbot pertama yang berbasis Mark-up languge ini adalah ALICE yang dikenalkan oleh Dr Wallace. ALICE adalah program yang memenangkan lomba loebner prize.
AIML adalah sebuah tampilan yang serupa dengan XML, bagi anda yang telah mengenal XML sebelumnya akan dengan mudah menguasai AIML. Atau jika anda saat ini masih terbiasa dengan tampilan HTML, juga tidak akan menemukan kesulitan berarti jika ingin mengembangkan program AIML tersebut.
Seperti pada HTML dan XML, pada AIML juga digunakan tag-tag tertentu untuk perintah tampilannya. Seperti pada contoh: misalnya AIML diterapkan pada situs jual beli,

BERAPA HARGA MOBIL STARLET TAHUN 1990



Maka dalam tampilan web akan seperti :
pengguna web : "berapa harga mobil starlet tahun 1990"
AIML : "Rp 50 juta"
Category yang dimiliki oleh AIML ini dapat terus berkembang sesuai dengan mereka yang menggunakannya. Untuk saat ini ALICE digerakan oleh 22939 category. Semua tampilan ini disimpan dalam sebuah sever intranet, salah satunya adalah http://localhost:2001/. Dari server inilah kemudian di sebarkan ke web domain anda.
Selain tampilan mengunakan intranet, ALICE juga dapat berbentuk applet, yang langsung disimpan dalam web anda, dengan demikian anda tidak perlu mengkoneksikan komputer anda secara terus menerus. Namun demikian tampilan applet ini tidak sesempurna tampilan sebelumnya, karena kemampuan mengingat pengguna melalui IP adressnya menjadi hilang.
Keunggulan lain dari AIML adalah anda diperbolehkan mengembangkan program ini, karena bersifat free ware. Bahkan anda dapat menambah tag-tag baru sesuai dengan keperluan yang anda inginkan.


B. JAVA APPLET
Chatter bot yang menggunakan program Java applet ini bentuknya jauh lebih sederhana dibandingkan dengan bentuk AIML Walaupun AIML juga dapat berbentuk applet tetapi sangat berbeda dengan java applet. Dalam java applet, input dan outputnya hanya satu kali terintergrasi, sehingga pembicaraan dilakukan hanya merupakan pembicaraan saat itu saja, tidak seperti pada AIML dimana output keduanya dapat berhubungan dengan input atau output pertamanya.
Namun demikian penerapan Java applet ini sangatlah mudah, karena ia digerakan oleh sebuah memori yang bernama knowledgebase.data. Dari memori inilah output akan dikeluarkan, dan tidak seperti pada AIML, memori yang digunakannya tidak menggunakan tag-tag pengenal, melainkan hanya berbentuk teks sederhana sehingga lebih mudah untuk dirubah dan diaplikasikan.
Bagi anda pemula ataupun pengguna personal atau web site perusahaan dengan content atau isi situs yang tidak begitu kompleks, penggunaan aplikasi ini sudah mencukupi. Keuntungan lain dari program ini adalah anda tidak perlu aplikasi atau program-program khusus untuk membuat chatter bot ini, karena hanya dengan menggunakan word pad anda sudah dapat merubah aplikasinya.
Salah satu contoh chatter bot dengan aplikasi java applet adalah Proyek Imbi,dalam proyek imbi ini, knowledgebase.data yang digunakan sangatlah sederhana. Imbi tidak dilengkapi oleh memori pengetahuan, dan hanya untuk digunakan dalam pembicaraan yang ringan.



DAFTAR PUSTAKA :
1. http://en.wikipedia.org/wiki/Artificial_intelligence
2. http://dhimazpunk.wordpress.com/2008/10/24/pengertian-artificial-inteligent/
3. http://zilda-06111044.blogspot.com/2008/06/pengertian-artificial-intelligence.html
4. webdosen.budiluhur.ac.id/dosen/930011/Kuliah/buku_AI.PDF
5. http://yuwono.himatif.or.id/download/Pengantar%20AI.pdf
6. http://www.alicebot.org/aiml.html
7. http://en.wikipedia.org/wiki/Java_applet

1 Februari 2011

CINGKRANG dan JENGGOT bukan tanda TERORIS !


Tapi itu Sunnah Cuy....

CINGKRANG alias NGATUNG YESS , ISBAL NO!!!

Dari Abu Hurairah bahwasanya Nabi bersabda : "Apa saja yang di bawah kedua mata kaki di dalam neraka." [Hadits Riwayat Bukhari 5797, Ibnu Majah 3573, Ahmad 2/96]

“Dari Mughiroh bin Syu'bah Radhiyallahu ‘anhu, adalah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Wahai Sufyan bin Sahl! Janganlah kamu isbal, sesungguhnya Allah tidak menyenangi orang-orang yang isbal." [Hadits Riwayat. Ibnu Majah 3574, Ahmad 4/26, Thobroni dalam Al-Kabir 7909. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah: 2862]

“Waspadalah kalian dari isbal pakaian, karena hal itu termasuk kesombongan, dan Allah tidak menyukai kesombongan” [Hadits Riwayat Abu Dawud 4084, Ahmad 4/65. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah: 770]

Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu berkata, : "Saya lewat di hadapan Rasulullah sedangkan sarungku terurai, kemudian Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menegurku seraya berkata, "Wahai Abdullah, tinggikan sarungmu!" Aku pun meninggikannya. Beliau bersabda lagi, "Tinggikan lagi!" Aku pun meninggikannya lagi, maka semenjak itu aku senantiasa menjaga sarungku pada batas itu. Ada beberapa orang bertanya, "Seberapa tingginya?" "Sampai setengah betis." [Hadits Riwayat Muslim 2086. Ahmad 2/33]

Penjelasan UlamaBerkata Syakh Al-Albani rahimahullah, : “Hadits ini sangat jelas sekali bahwa kewajiban seorang muslim hendaklah tidak menjulurkan pakaiannya hingga melebihi kedua mata kaki. Bahkan hendaklah ia meninggikannya hingga batas mata kaki, walaupun dia tidak bertujuan sombong, dan di dalam hadits ini terdapat bantahan kepada orang-orang yang isbal dengan sangkaan bahwa mereka tidak melakukannya karena sombong! Tidakkah mereka meninggalkan hal ini demi mencontohkan perintah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam terhadap Ibnu Umar?? Ataukah mereka merasa hatinya lebih suci dari Ibnu Umar?” [Ash-Shahihah: 4/95]Berkata Syaikh Bakr Abu Zaid :” Dan hadits-hadits tentang pelarangan isbal mencapai derajat mutawatir makna, tercantum dalam kitab-kitab shohih, sunan-sunan, ataupun musnad-musnad, diriwayatkan dari banyak sekali oleh sekelompok para sahabat. Beliau lantas menyebutkan nama-nama sahabat tersebut hingga dua puluh dua orang. Lanjutnya : “ Seluruh hadits tersebut menunjukkan larangan yang sangat tegas, larangan pengharaman, karena di dalamnya terdapat ancaman yang sangat keras. Dan telah diketahui bersama bahwa sesuatu yang terdapat ancaman atau kemurkaan, maka diharamkan, dan termasuk dosa besar, tidak dihapus dan diangkat hukumnya. Bahkan termasuk hukum-hukum syar'i yang kekal pengharamannya."[Hadd Tsaub Wal Uzroh Wa Tahrim Isbal Wa Libas Syuhroh, hal. 19]


Dari Abu Dzar bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : “Ada tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat dan bagi mereka adzab yang pedih. Rasulullah menyebutkan tiga golongan tersebut berulang-ulang sebanyak tiga kali, Abu Dzar berkata : "Merugilah mereka! Siapakah mereka wahai Rasulullah?" Rasulullah menjawab : "Orang yang suka memanjangkan pakaiannya, yang suka mengungkit-ungkit pemberian dan orang yang melariskan dagangannya dengan sumpah palsu." [Hadits Riwayat Muslim 106, Abu Dawud 4087, Nasa'i 4455, Darimi 2608.


Pelihara JENGGOT dan rapikan :)

Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dalam shahih keduanya dan juga selain mereka :Dari Nafi’ dan Ibnu Umar radliyallahu ‘anhuma berkata : Telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam : “Bedakanlah kalian dengan orang-orang musyrik, yaitu banyakkanlah jenggotmu dan pangkaslah kumismu.”

Diriwayatkan juga oleh keduanya dari Abdullah bin Umar radliyallahu ‘anhuma : “Pangkaslah kumis kalian dan biarkan jenggot kalian tumbuh.”

Dalam suatu riwayat lain : “Cukurlah kumis kalian dan biarkan tumbuh jenggot kalian.”

Adapun perintah untuk menyelisihi orang-orang musyrik sebagaimana dijelaskan oleh hadits dari Abi Hurairah radliyallahu ‘anhu :“Sesungguhnya orang musyrik itu, mereka membiarkan kumis mereka tumbuh dan mencukur jenggot mereka. Maka bedakanlah dengan mereka yaitu biarkanlah jenggot kalian tumbuh dan cukurlah kumis kalian.” (Diriwayatkan oleh Al Bazzar dengan sanad yang hasan)